Perhitungan Akuntansi

STMIK Nurdin Hamzah Jambi ->Teknik Informatika<- Muhammad Zakaria Mustin

Saturday, April 7, 2018

Pengertian Ekonomi


Ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu Oikos dan Nomos, Oikos berarti keluarga atau rumah tangga dan Nomos berarti aturan atau peraturan. Sehingga terminologi ekonomi yaitu manajemen aturan rumah tangga.
Pada perkembangannya, ilmu ekonomi meliputi beberapa ilmu sosial yang lain seperti geografi, sosiologi, antropologi maupun sejarah yang secara keseluruhan saling berhubungan dan akan menimbulkan sebab akibat.
Kemudian terdapat permasalahan ekonomi yang akan dihadapi oleh manusia sebagai perwujudan makhluk ekonomi sekaligus makhluk sosial yakni jumlah kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sedangkan jumlah alat pemuas kebutuhan manusia jumlahnya terbatas. Ada beberapa aspek yang akan mempengaruhi jumlah kebutuhan seseorang tak sama dengan jumlah kebutuhan orang lain yaitu diantaranya
– Aspek Sosial Budaya
– Aspek Ekonomi
– Aspek Pendiikan
– Aspek Moral
– Aspek Fisik.
Kemudian sebagai upaya pemenuhan kebutuhan manusia maka telah mengelompokkan kebutuhan ekonomi dalam 5 sektor yaitu sektor primer, sekunder, tersier, Quartener dan Quiner.
Pada sektor primer termasuk sektor ekonomi tradisional yang mana memanfaatkan secara langsung dari alam untuk memenuhi segala kebutuhan hidup masyarakat suatu bangsa. Sumber daya alam disini dapat diperoleh dari adanya sektor perhutanan, pertambangan, perikanan, pertanian dan lain-lain. Industri yang mengolah hasil berasal dari sektor primer ini jug dapat disebut dengan industri pada sektor pimer. Sebagai contoh, tengkulak pengumpul hasil bummi atau sumber daya alam, pengepakan, penyulingan dan lain-lain.
Pada sektor sekunder, memperoleh suplai bahan mentah berasal dari sektor primer dimana sektor inilah yang menghasilkan hasil dari sektor primer untuk bisa dijadikan sebagai produk final supaya bisa dikonsumsi atau dimanfaatkan. Contoh sektor sekunder yaitu usaha konstruksi atau usaha produk yang masing-masing dapat dibagi lagi menjadi industri ringan dan berat.
Pada sektor tersier berbeda halnya dengan sektor primer atau sekunder dimana pada produk akhir dari sektor tersier ini yaitu produk yang tak berwujud atau tidak memiliki bentuk. Produk ini dapat diwujudkan dalam bentuk servis, konsultasi, layanan, jasa, sumber daya manusia dan lain-lainnya. Lebih banyak melibatkan keahlian dan ilmu pengetahuan pelakuknya yang diharapkan dapat meningkatkan hasil kerja daripada sektor lain yang telah memanfaatkan jasanya.
Pada sektor Quartener, memiliki cakupan lebih dalam lagi dibandingkan sektor tersier dimana pelaksanaannya berfokus pada aktivitas intelektual. Pada sektor inilah mencakup pemerintah riset ilmiah, kependidikan, informasi dan kebudayaan.
Pada sektor Quiner termasuk sektor-sektor dari Quartener yang bertindak sebagai pengambil keputusan utama yang berdampak langsung akan dirasakan oleh masyarakat.

http://pengertian.website/pengertian-ekonomi/

No comments:

Post a Comment